5 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh

Yukkepo.com - Ketumbar adalah salah satu rempah yang sering di jadikan bumbu masakan pada berbagai masakan di Indonesia. Anda mungkin sudah sangat sering menemui tanaman yang aslinya berasal dari daratan di wilayah Mediterania ini. Sejak dulu ketumbar merupakan salah satu komoditi rempah yang di perdagangkan Negara-negara Eropa. Di Indonesia sendiri jumlah ketumbar cukup melimpah karena ketumbar bisa tumbuh dengan subur di tanah Indonesia.

5 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh
Buah Ketumbar

Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh telah di ketahui sejak lama. Ketumbar sering di jadikan bahan untuk membuat ramuan obat-obat tradisional yang cukup ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.

Sekilas Tentang Ketumbar

Ketumbar adalah tanaman rempah yang berasal dari Apiaceae. Biasanya akan tumbuh dengan subur di daerah yang memiliki iklim tropis atau beriklim panas seperti daerah India dan Mediterania. Tanaman ketumbar termasuk jenis tanaman abadi yang bisa hidup hingga ratusan bahkan ribuan tahun jika berada pada lahan dan iklim yang cocok. Tinggi pohon ketumbar hanya sekitar 1-2 meter, berwarna hijau tua, berdaun lunak dan berbulu halus. Tanaman ketumbar akan tumbuh lebih subur jika berada di tanah subur dengan iklim yang cenderung panas atau mendapat sinar matahari secara penuh sepanjang tahun.

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 5 manfaat ketumbar untuk kesehatan yang dapat kita manfaatkan

1. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat ketumbar untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah serangan penyakit kanker. Ketumbar telah sejak lama di gunakan sebagai bahan untuk membuat ramuan obat herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Khusus untuk mencegah penyakit kanker, di dalam ketumbar terdapat banyak sekali kandungan senyawa antioksidan seperti beta karoten, vitamin C dan E, asam caffeic, ferulic, qurecetin, dan akempferold yang sangat ampuh untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Senyawa antioksidan ini juga sangat bagus untuk menangkal dampak buruk radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh melalui polusi, asap rokok dan makanan-makanan siap saji yang sering kita makan.

2. Mengobati Peradangan Kulit

Manfaat ketumbar untuk kesehatan yang kedua adalah mampu mengobati peradangan yang terjadi pada kulit. Di dalam ketumbar terdapat senyawa cineole dan asam linoleat yang termasuk ke dalam jenis senyawa asam lemak essensial yang dapat mengobat berbagai penyakit kulit termasuk peradangan. Senyawa ini dapat berperan sebagai zat antiartritik dan antirematik jika di terapkan pada kulit yang bermasalah. Kandungan nutrisi di dalam ketumbar juga dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel baru sehingga proses penyembuhan akan menjadi lebih cepat.

3. Mengobati Anemia

Ketumbar juga dapat di gunakan sebagai obat untuk mengatasi penyakit anemia dan gangguan pada sistem peredaran darah lainnya. Kandungan zat besi di dalam ketumbar yang cukup tinggi sangat baik untuk menstimulasi proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru. Zat besi juga dapat menjaga peredaran darah tetap lancar dan menjaga keseimbangan tekanan darah. Sehingga dengan demikian anda akan terhindar dari penyakit anemia. Ketumbar juga sangat baik untuk menjaga jantung anda agar tetap sehat.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ketumbar untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan mata. Di dalam ketumbar terkandung senyawa beta karoten yang sangat tinggi. Itulah yang menjadikan ketumbar selalu di masukkan ke dalam berbagai obat-obat herbal yang di gunakan untuk mengobati mata secara alami. Senyawa beta karoten sangat penting untuk perbaikan sel-sel yang mengalami kerusakan pada mata. Obat herbal yang berbahan ketumbar dapat di gunakan untuk mengatasi berbagai gangguan pada mata dan menajamkan pengelihatan.

5. Mengobati Sariawan


Manfaat ketumbar untuk kesehatan yang terakhir yaitu untuk mengobati sariawan. Jika anda sering mengalami masalah sariawan pada mulut yang cukup mengganggu. Mungkin ketumbar bisa di jadikan sebagai salah satu alternatif obat tradisional yang cukup ampuh. Ketumbar memiliki senyawa antiseptik alami yang dapat membunuh kuman yang menyebabkan  infeksi pada penderita sariawan. Selain itu ketumbar juga dapat mengatasi gangguan pada sistem pernapasan dan mengobati bau mulut.

Artikel Yukkepo.com Lainnya :

Scroll to top