5 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan


Yukkepo.com - Manfaat lobak untuk kesehatan ada banyak sekali. Sayuran yang berasal dari umbi-umbian ini adalah salah satu makanan rendah kalori yang sangat di sarankan bagi mereka yang memiliki masalah dengan gula darah. Lobak pada awalnya merupakan tanaman yang banyak di budidayakan di Cina. Kemudian pada awal abad ke 16 lobak mulai menyebar ke wilayah Eropa dan Asia tenggara melalu perdagangan. Saat ini lobak sudah sangat mudah di temukan di Indonesia karena lobak juga dapat tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis.

5 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan
Manfaat Lobak

Lobak memiliki nama latin Raphanus sativus, masih termasuk ke dalam famili Brassicaceae (sawi-sawian). Lobak memiliki beberapa variasi warna seperti merah, ungu, putih, dan hitam. Lobak biasanya berbentuk bulat, lonjong, dan silinder.
Berikut ini adalah 5 manfaat lobak untuk kesehatan yang harus anda ketahui:

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

1. Sumber Serat

Manfaat lobak untuk kesehatan yang pertama adalah lobak dapat menjadi salah satu sumber serat yang sangat menyehatkan. Di dalam 50 gram lobak setidaknya mengandung 1 gram serat murni yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. Dengan mengonsumsi lobak anda sudah menambah asupan serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian anda. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa serat sangat di butuhkan untuk menjaga keseimbangan pencernaan dalam usus, menyerap lemak, dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat lobak untuk kesehatan yang paling adalah kemampuannya untuk mencegah terjadinya serangan penyakit kanker. Lobak mengandung banyak sekali vitamin C dan senyawa anthocyanin yang dapat menangkal dampak buruk serangan radikal bebas. Selain itu di dalam lobak juga terdapat kandungan asam float yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Beberapa penyakit kanker yang dapat di cegah dengan konsumsi lobak diantaranya seperti kanker mulut, kanker pada organ pencernaan seperti usus dan lambung, juga kanker ginjal. Anda bisa memasukkan lobak ke dalam daftar menu makanan sehat anda sehari-hari untuk bisa memperoleh manfaat lobak untuk mencegah penyakit kanker ini.

3. Mengobati Asma

Lobak juga berkhasiat untuk mengobati mereka yang menderita penyakit asma. Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu anda dalam beraktivitas. Asma cenderung membuat penderitanya menjadi mudah lelah sehingga kesulitan jika harus melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga. Selain itu asma juga mudah kambuh jika bertemu dengan faktor pemicunya. Karena itulah penyakit asma harus mendapatkan perawatan yang di lakukan secara terus menerus. Salah satu makanan yang dapat mengurangi dampak buruk penyakit asma adalah lobak.
Dalam mengatasi penyakit asam ini, lobak  memiliki sifat anti-kongestif yang dapat di manfaatkan untuk mengencerkan lendir pada penderita asma. Dengan demikian khasiat lobak dapat membersihkan lendir yang sering menyumbat saluran pernafasan sehingga anda akan terhindar dari sesak nafas. Selain itu lobak juga dapat memperkuat daya tahan sistem pernafasan anda dari reaksi alergi dan infeksi.

4. Mengobati Insomnia

Manfaat lobak untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu untuk mengatasi berbagai gangguan sulit tidur akibat insomnia. Lobak memiliki sifat sedatif yang dapat merangsang munculnya rasa kantuk. Kandungan di dalam lobak juga dapat meningkatkan produksi melatonin dalam darah yang dapat membuat orang  yang menderita insomnia dapat tidur lebih nyenyak. Penggunaan lobak sebagai obat sulit tidur ini sudah di ketahui sejak zaman dulu. Cara penggunaannya pun cukup sederhana, anda cukup menjadikan lobak sebagai jus. Minumlah satu gelas beberapa jam menjelang waktu tidur anda. Lakukan ini hingga gejala insomnia yang selama ini anda derita menghilang.

5. Menyehatkan ginjal

Manfaat lobak untuk kesehatan yang terakhir yaitu mampu menjaga kesehatan ginjal. Lobak memiliki sifat diuretik yang dapat melancarkan pengeluaran urine. Dengan demikian proses pengeluaran racun dan zat sisa metabolisme lain pada ginjal menjadi lebih lancar. Hal ini akan menghindarkan ginjal dari risiko pengendapan zat racun yang pada banyak kasus akan menyebabkan berbagai penyakit pada ginjal. Dalam kasus yang berat, pengendapan zat racun pada ginjal ini bahkan dapat menimbulkan gagal ginjal. Cobalah untuk memasukkan lobak ke dalam menu makanan sehat harian agar ginjal anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Artikel Yukkepo.com Lainnya :

Scroll to top